Koperasi Sahabat Alam Mengikuti Pelatihan Akuntansi Koperasi dengan Sistem Komputerisasi

WhatsApp Image 2017-07-19 at 17.46.06
Pembukaan Pelatihan Akuntansi Koperasi

Pendidikan dan Pelatihan Akuntansi Koperasi dengan Sistem Komputerisasi merupakan salah satu program kerja Dinas Koperasi UKM provinsi Sulawesi Selatan, Pelatihan ini dilaksanakan dibeberapa kabupaten yang salah satunya berlangsung di Kabupaten Maros.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, terhitung tanggal 19 – 20 Juli 2017. Kegiatan yang melibatkan ±100 pengurus koperasi dan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Maros ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Hotel Afiat dan Hotel Transit Hasanuddin. Tak hanya diklat akuntansi dengan sistem komputerisasi, kegiatan ini juga dipadukan dengan workshop koperasi berbasis syari’ah.

Menurut pelaksana kegiatan dari Dinas Koperasi dan UKM Kab. Maros, kegiatan ini bertujuan agar dapat meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan peserta sehingga dapat mengelola aplikasi dengan baik dan dapat membuat laporan keuangan secara akurat.

Pada kesempatan yang sama hadir pula kepala UPTD Balai Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan yang sekaligus membuka kegiatan ini. Menurut beliau, semua pihak harus terlibat dalam mensosialisasikan koperasinya masing masing. Sejalan dengan Motto Kabupaten Maros “Kalau Bukan Kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi”.

Peserta pelatihan kemudian dibagi menjadi tiga kelas, dua kelas mengikuti diklat akuntansi berbasis komputerisasi dan satu kelas mengikuti workshop koperasi berbasis Syari’ah.

WhatsApp Image 2017-07-19 at 17.46.05
Pemberian materi kepada peserta pelatihan

Ada beberapa materi yang akan dibawakan dalam pelatihan ini yakni Pemisahan laporan keuangan, Permodalan koperasi, Pebagian SHU, Nilai jati diri koperasi, Kewirausahaan dan Motivasi berkoperasi. Yang semuanya dibawakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Serta UPTD Balai Diklat Koperasi dan UMKM. Tapi, karena waktu yang tidak memadai sehingga ada beberapa materi yang digabung menjadi satu.

Kegiatan secara resmi ditutup keesokan harinya oleh kepala UPTD Balai Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan dengan harapan bahwa semoga apa yang dilaksanakan selama 2 hari dapat bermanfaat serta memajukan koperasi yang ada di kabupaten Maros. (Arif)

WhatsApp Image 2017-07-20 at 12.22.47
Foto bersama peserta pelatihan bersama staf Dinas Koperasi Kab. Maros
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s